K.H. KHALILURRAHMAN

Pimpinan Periode Kesembilan (Tahun 2008 s/d sekarang)

KH. Khalilurrahman atau biasa dipanggil “Guru Khalil” adalah putera dari pimpinan PP. Darussalam periode ke-6 K.H. Salim Ma’ruf. Beliau dilahirkan pada tanggal 10 Desember 1945 di desa Pekauman Martapura Timur Kab.Banjar.  Beliau telah berkecimpung dalam dunia pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam (PP) sejak tahun 1968 dan aktif melakukan kegiatan dakwah di berbagai tempat. Dan sejak tahun 2008 diangkat sebagai pimpinan PP. Darussalam menggantikan almarhum K.H. Abdussyukur yang telah berpulang
ke rahmatullah.

Selain sebagai pimpinan PP. Darussalam Martapura, K.H. Khalilurrahman juga menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar, Rais Syuriah PC. Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Banjar, dan Ketua Nadzhir Masjid Agung Al Karomah Martapura.  Selain memiliki pengetahuan agama yang cukup mendalam beliau juga dikenal memiliki wawasan yang luas karena pengalamannya yang lama berkecimpung di dunia dakwah dan aktif di organisasi sosial kemasyarakatan dan organisasi politik. Dalam karir politiknya Beliau pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjar selama 2 periode dari tahun 1982 s/d 1992, dan pernah menjadi anggota DPR RI tahun 1999 – 2004.

Pada periode kepemiminan saat ini telah dijajaki pengembangan pesantren untuk kemajuan yang lebih baik dengan berusaha membenahi manajemen pesantren, pengelolaan keuangan yang teratur dan profesional, serta koordinasi antar tingkatan dan unit-unit lembaga pendidikan, dan sebagainya. Disamping itu juga dilakukan pembenahan terhadap organisasi dan tata kelola Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Martapura sebagai induk dari semua unit-unit lembaga pendidikan Darussalam.